19 Mahasiswa UIN Radin Intan Ikuti KKN – DR

 19 Mahasiswa UIN Radin Intan Ikuti KKN – DR

Nyokabar, Lampung Utara – Sebanyak 19 orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Radin Intan Lampung mengikuti Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) didesa Kinciran Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Rabu (23/7/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Lampung Utara, Dina Prawitarini, Camat Abung Tengah, Mulyadi Tohir, Kepala Desa setempat dan para tokoh masyarakat desa Kinciran.

Bersama masyarakat desa setempat, 19 mahasiswa UIN Radin Intan tersebut membahas mengenai kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di hadapan masyarakat Kinciran, mulai dari inisiatif awal, sistem permodalan, proses kegiatan sampai pemasaran.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian, Lampung Utara, Dina Prawitarini, mengajak agar warga atau para ibu ibu di Desa Kinciran untuk berinisiatif mengembangkan kreatifitas dirumah, dengan harapan menjadi program unggulan yang menghasilkan.

“Saya disini menyampaikan program sesuai dengan tupoksi kami berkaitan dengan KKN adik adik, mudah mudahan apa yang kami sampaikan ini mulai dari sosialisasi, pelatihan promosi serta membantu pemasaran produk di Kincir ini bisa memberikan manfaat untuk wargabKinciran sebesar besarnya.” jelas Dina, Kadis Koperasi, kepada media ini, dibalik Desa Kinciran, kamis (23/7/2020).

Mengenai keterbatasan pemasaran, Dina menjelaskan bahwa Pemerintah Lampung Utara telah menyediakan tempat khusus untuk para pengusaha UKM, tanpa adanya pungutan biaya dari pihak manapun.

“Karena di Eks makam pahlawan itu ada ruko yang digunakan untuk membantu pemasaran usaha mikro kecil khas Lampung Utara. Sistemnya titip dulu, setelah barang itu laku baru ada hitung hitungan, tidak dipungut biaya apapun,” ucapnya.

Pada Lampung Utara agar tak berhenti mencari dan menggali inisiatif mengelola usaha yag menghasilkan, seperti eyek-eyek yang dibuat warga Kinciran, kemudian mau dibuat apa silahkan dikreasikan. Kemudian, pembuatan bahan bekas kain jahitan yang jika dikreasikan akan menghasilkan.

“Masalah pemasaran kita bantu,” pungkasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Admin