Disdukcapil Lampura Gulirkan Program Jebol dan Program Pemberian Hadiah

 Disdukcapil Lampura Gulirkan Program Jebol dan Program Pemberian Hadiah

Nyokabar.com Lampung Utara – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) membuat dua program unggulan.

Dua program tersebut adalah Jemput Bola (Jebol) dan program pemberian hadiah bagi pasangan suami istri yang baru menikah.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/7/2021), Kepala Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara, Khairul Anwar menjelaskan program jebol ini adalah sebuah program yang sudah direncanakan sejak dirinya menjabat sebagai Kadis Disdukcapil.

Program jebol ini lanjut dia di utamakan untuk kaum lanjut usia, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Kaum disalibitas namun program Jebol ini juga dilakukan terhadap siswa-siswi yang bersekolah di SLTA sederajat yang sudah menginjak usia 17 tahun.

” Program jebol ini sudah dilakukan sejak bulan Februari 2021 secara bertahap di beberapa kecamatan. Karena program ini sangat dibutuhkan terutama bagi mereka penerima bantuan.” Kata Khairul Anwar. Kamis (29/7/2021).

Menurut Khairul, Dengan tidak adanya kelengkapan dokumen ini seperti KTP Elektronik dan KK tentunya bantuan yang diberikan melalui Dinas Sosial itu akan terhambat. Oleh sebab itu kami Disdukcapil Lampura membantu masyarakat untuk melengkapi dokumen-dokumen kependudukannya.

” Program jebol ini kami juga memenuhi permintaan masyarakat yang membutuhkan pelayanan untuk administrasi kependudukan. Seperti contoh terakhir kami melakukan perekaman terhadap para lansia di Kecamatan Muara Sungkai,” ujarnya.

Selain program Jebol, lanjut dia, Disdukcapil Lampung Utara akan segera melaksanakan program pemberian hadiah bagi pasangan suami istri yang baru menikah.

” Program ini Disdukcapil akan memberikan hadiah berupa kelengkapan dokumen perubahan status tanpa harus mengurus sendiri,” jelasnya.

Program ini jelasnya, Pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Departemen Agama Lampung Utara, meskipun program ini baru sebatas wacana, namun dalam waktu dekat program ini akan segera dilaksanakan.

” Program ini akan kita tindaklanjuti mudah-mudahan dalam waktu dekat program ini akan segera dilaksanakan,” imbuhnya.

Dikatakan Khairul, selain bekerjasama dengan Kemenag pihaknya juga akan menggandeng Pengadilan Agama guna mengetahui adanya perubahan status bagi warga yang telah bercerai.

Dimana nantinya pihak kementerian agama yang menerima laporan dari kantor urusan agama untuk memberikan data-data pasangan yang baru menikah dan pasangan yang sudah bercerai selanjutnya akan diproses oleh pihak disdukcapil.

” hadiah tersebut berupa kelengkapan dokumen perubahan status, kartu keluarga baru, tanpa harus mengurus sendiri ke disdukcapil,” tukasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diq

Tinggalkan Komentar Anda

Related post