Kelurahan Tanjung Senang Membangun Melalui Program Kotaku

 Kelurahan Tanjung Senang Membangun Melalui Program Kotaku

Nyokabar, Lampung Utara – Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia.

Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas). Program Kotaku akan menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

Kelurahan Tanjung Senang Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara ini misalnya, kelurahan di kabupaten setempat ini menjadi salah satu menerima program kota tanpa kumuh (Kotaku).

Dalam kesempatan ini pembangunan beberapa infrastruktur dilakukan peletakan batu pertama oleh Anggota Komisi V DPR RI, Tamanuri. Kamis (23/7/2020).

Tamanuri mengatakan, dalam penanganan pemukiman kumuh menjadi tantangan tersendiri demi mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial, untuk mengentaskan pemukiman kumuh menjadi nol.

Diakatakannya, program ini bertujuan untuk memanusiakan manusia memberikan lingkungan tempat tinggal yang layak. Dengan program ini, diharapakan agar masyarakat mampu merencanakan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat.

” Perlu dilakukan penataan, dapat meningkatkan kualitas, sehingga kesejahteraan meningkat,” katanya Ayah mantan Bupati Lampung Utara ini. Rabu (23/7/2020).

Kegiatan peletakan batu pertama dalam melaksanakan program kotaku ini tetap dilajukan protokol kesehatan. Dalam kesempatan ini dirinya meminta kepada masyarakat tetap mencegah pandemi covid-19.

“Saya berharap Lampura jadi perhatian jangan sampai lalai, tetap melaksanakan anjuran pemerintah, pakai masker, cuci tangan sesering mungkin, ” ujarnya.

Dirinya meminta kepada masyarakat untuk mengerjakan pekerjaan denga baik. Perlu jadi perhatian karena aspirasi anggota dewan kepada kementerian akhirnya turun program.

“Tidak ada keluar duit untuk program ini,” ucapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo mengatakan kota tanpa kumuh tahun 2020 di kabupaten Lampung Utara dimulai dari kelurahan Tanjung Senang, Kotabumi Selatan

Dikatakan Budi, bahwa program ini merupakan kebutuhan masyarakat dari kementerian yang dibawa ke Lampung Utara. Program ini juga lanjut Budi, merupakan jawaban keluhan dari masyarakat untuk mendapatkan perbaikan infrastruktur di daearah setempat.

Pantauan di lokasi hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Komisi V DPR RI, Tamanuri, Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo, Anggota DPRD Provinsi, Mardiana, Kepala Dinas PUPR Kabupaten setempat, Camat dan Lurah se- Kotabumi Selatan.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Admin