Menindak Lanjuti SE Mendagri, Pemkab Lampura Gelar Rakor

 Menindak Lanjuti SE Mendagri, Pemkab Lampura Gelar Rakor

Nyokabar.com Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar rapat koordinasi bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kamis (14/1/2021).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Lekok, MM dan dihadiri seluruh kepala OPD se – Lampung Utara.

Sekretaris Daerah, Lekok usai rakor mengatakan bahwa rapat ini dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti adanya surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 903/145/SJ tanggal 12 Januari 2021 yang berisikan intruksi kepada seluruh Bupati/Walikota agar melakukan penyerapan anggaran.

Penyerapan anggaran ini dilakukan terang Lekok, agar disetiap OPD tidak terjadi penumpukan anggaran di akhir tahun.

“SE inilah yang menjadi dasar kita, untuk melakukan percepatan. Agar, semua kegiatan dapat berjalan sebagaimana rencana setiap satuan kerja,” jelas Lekok.

Dalam melaksanakan surat edaran ini terkait percepatan penyerapan anggaran, Lekok mengatakan tentunya dengan memperhatikan realisasi penerimaan.

“Kalau ada belanja tentunya harus ada uang yang masuk. Untuk itu kita gelar Rapat koordinasi bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) agar tidak terjadi penumpukan di akhir tahun,” katanya.

Penyerapan anggaran sendiri lanjut Lekok, berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan proporsional sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Ada yang perbulan dan ada yang pertriwulan.

“Percepatan ini semakin cepat semakin baik. Namun harus tetap memperhatikan uang yang masuk ke kas daerah,” tukasnya.

Sementara itu prihal keuangan daerah, Lekok menjelaskan, bahwa saat ini Pemkab Lampura sangat bergantung kepada Pemerintah Pusat. Untuk Dana Alokasi Umum(DAU) sendiri diberik setiap bulan yakni diprioritaskan untuk gaji Pegawai. Dari sisa pembayaran gaji Pegawai sendiri itulah yang bisa digunakan untuk belanja lainnya.

Sementara untuk Dana Alokasi Khusus(DAK) tergantung dengan rencana pelaksanaan. Setelah pelaksanaan diajukan kembali begitu seterusnya hingga selesai.

“Tren kita kan saat ini selalu menumpuk di triwulan terakhir. Saat ini dalam rangka pemulihan ekonomi Masyarakat yang berhubungan dengan Covid-19, maka Mendagri memerintahkan untuk melakukan percepatan,”jelasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Tinggalkan Komentar Anda

Related post