Peduli Thalasemia, Komunitas Peduli Thalasemia Gelar Donor Darah

 Peduli Thalasemia, Komunitas Peduli Thalasemia Gelar Donor Darah

Nyokabar.com Lampung Utara – Komunitas Peduli Thalasemia (KPT) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten setempat melaksanakan Donor Darah.

Donor darah tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 75 Kabupaten Lampung Utara yang diselenggarakan di Gedung PMI kabupaten setempat. Kamis (17/6/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Lampung Utara, Nur Endah Sulastri, segenap anggota PMI Lampura, dan seluruh anggota Komunitas KPT.

Ketua Komunitas Peduli Thalasemia, Idrus Mustofa diwakili anggota, Nur mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun kabupaten Lampung Utara yang ke – 75 tahun 2021.

Selain itu, lanjut Nur, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan Bhakti Sosial peduli terhadap anak-anak penderita Thalasemia dikabupaten Lampura yang angka penderitanya cukup signifikan.

“Tujuan donor darah ini adalah untuk membantu saudara atau anak-anak kita yang menderita Thalasemia,” kata Nur.

Dijelaskannya, angka penderita Thalasemia dikabupaten Lampung Utara cukup signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh, jelas dia terdapat sebanyak 34 anak-anak penderita thalasemia.

” Berdasarkan hasil survei sementara, ada 34 anak-anak penderita thalasemia ini, dan tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi. Karena ini hasil survei sementara yang dilakukan oleh tim kita,” jelas dia.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Komunitas peduli thalasemia akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan anak anak sebagai penerus bangsa untuk menggalakkan keegiatan yang sama hingga ke pelosok desa.

Kepada pemerintah daerah, Pihaknya berharap agar lebih peka dan perduli terhadap penyakit yang pada umumnya menyeruak anak-anak ini. Karen menurut dia thalasemia ini merupakan suatu penyakit adanya kelaianan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

” Hingga saat ini pemerintah daerah khusunya dinas kesehatan belum ada perhatian sama sekali terhadap penyakit ini. Sekali lagi kami berharap agar pemerintah peduli terhadap anak-anak penderita thalasemia ini, ” tukasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Lampura, Nur Endah Sulastri, mengatakan pihaknya mendukung langkah yang dilakukan oleh komunitas peduli thalasemia ini.

Dari kegiatan Donor Darah ini, dirinya berharap kepada para pendonor agar menjadi Saudara Asuh bagi anak-anak penderita thalasemia.

” Selain mendonorkan darahnya, Saya juga berharap bagi para pendonor, agar bersedia menjadi Kakak asuh bagi anak-anak penderita thalasemia ini, ” tukasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diq

Tinggalkan Komentar Anda

Related post