Prestasi Rycko Di Bidang Kesehatan Selama Lima Tahun Pimpin Lampung Selatan

 Prestasi Rycko Di Bidang Kesehatan Selama Lima Tahun Pimpin Lampung Selatan

Nyokabar Lampung Selatan.

Perhatian Rycko Menoza dan H. Eki Setyanto di bidang kesehatan selama lima tahun memimpin Kabupaten Lampung Selatan patut diberikan apresiasi. Hal tersebut dapat terlihat hampir semua fasilitas kesehatan selalu menjadi prioritas dirinya selama memimpin Kabupaten Lampung Selatan.

Bukti nyata kerseriusan Rycko dan Eki selalu memperhatikan fasilitas kesehatan, disulapnya Rumah Sakit Bob Bazar Kalianda yang tadinya hanya bangunan sederhana, kini tampak berdiri megah di tengah-tengah Kota Kalianda. Pelayanan RSUD Bob Bazzar semula Rumah Sakit Tipe C, kini meningkat pelayanan ke Tipe B.

Berdiri 13 Puskesmas Rawat Inap (PRI) yang tersebar di 13 kecamatan, masing-masing PRI memiliki fasilitas memadai layaknya rumah sakit, sehingga masyarakat di kecamatan, tidak perlu lagi harus jauh-jauh ke rumah sakit untuk berobat.

Dari 17 kecamatan di Kabupaten Lampung selatan, yang saat ini telah memiliki fasilitas puskesmas rawat inap, di antaranya, Kecamatan Bakauheni, Penengahan, Rajabasa, Palas, Sragi, Ketapang, Sidomulyo, Waysulan, Merbaumataram, Tanjung Bintang, Natar, dan Katibung.

Wati, warga setempat bercerita, sejak adanya PRI di Kecamatan Sidomulyo, ia dan warga lain, tidak perlu lagi datang ke Rumah Sakit Bob Bazzar Kalianda. Sebab, kata dia, fasilitas alat kesehatan di PRI Sidomulyo cukup memadai.

“Saat saya berobat di Puskesmas Rawat Ianap di daerah saya, saya dapat merasakan kepuasan, apalagi peralatan, serta fasilitas yang tersedia cukup baik, bahkan hampir sama dengan pasilitas yang ada dirumah sakit” kata Wati.

Selain 13 Puskesmas Rawat Inap, juga berdiri 14 puskesmas non perawatan, 77 Pustu dan Poskesdes tersebar hampir di semua desa.

Untuk SDM, sebanyak 1.500 Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS), telah mendapat jaminan kesetan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 sebesar Rp1,3 miliar.

 

 

Tinggalkan Komentar Anda

Related post